(0341) 710026 - 710027         +62 81 353 470 333 (booking via Whatsapp)

Mari bantu Saudara Kita Rohingya Bersama

Travel Malang

Jika anda mendengar atau membaca berita terkini yang acap kali muncul di media informasi tentang kasus kemanusiaan yang terjadi di Myanmar, mungkin benak anda akan langsung tertuju pada suatu etnis Indo-Arya yang tinggal di daerah Rakhine(Arakan) Myanmar. Merekalah etnis yang biasa diberitakan di media dengan sebutan Rohingya.

Ada banyak ulasan tentang Rohingya. Mungkin sebagian dari kita memiliki pandangan tentang permasalahan ini dari sudut pandang yang beraneka dan beragam. Tapi pernahkah kita melihat dari sudut pandang yang Universal. Artinya setiap orang pasti memiliki pandangan yang sama tentang hal tersebut.

Sejenak mari bersama-sama kita mencoba merenungkan hal ini. Secara universal kita bisa memandang permasalahan ini sebagai isu kemusiaan berhubungan dengan HAM. Apakah ini termasuk kejahatan genosida? Mungkin. Lalu dimana duduk permasalahan ini sebenarnya? Apakah benar ini tentang politik ekonomi kawasan? Apakah ini hanya konflik antar umat beragama? Boleh saja kita menanyakan hal tersebut dan terus mengikuti perkembangan informasinya. Tapi setelah itu apa yang kita dapat jika hanya duduk mendengar dan atau membaca informasi itu? Kita tidak sedang membicarakan isu yang sedang gempar di media sosial. Tapi kita bicarakan tentang diri kita sendiri, saat setelah kita ketahui tentang masalah yang terjadi pada kaum minoritas Arakan tersebut, apa yang sebenarnya harus kita lakukan?

 

Travel Malang

Jika yang ada di pikiran anda adalah membela dengan jalan kekerasan, apakah itu hal yang efisien? Apakah hal tersebut pasti bisa meredam kemarahan dan kekacauan yang ada disana? Lalu jika kita hanya membicarakan pendapat kita yang pro maupun kontra tentang kejadian tersebut apa dengan begitu kita akan menambah atau mengurangi penderitaan mereka?

Pikirkan dengan tenang sejenak, kita masih belum mencapai klimaks pembicaraan ini. Kita membicarakan tentang ‘penderitaan’ untuk sekarang. Siapa orang yang ingin dirinya menderita? Siapa orang yang tega melihat ayah ibunya menderita? Melihat saudara-saudaranya menderita? Jika kita berada di posisi para korban kekerasan apa yang akan kita rasakan? Apa cukup dengan hanya bersedih dan menderita? Lalu apa yang terpenting dari semua ini?

Inilah saatnya bagi kita menunjukan suara kita bersama. Siapapun anda siapapun kita, mereka para korban membutuhkan uluran tangan kita. Kasih sayang adalah hal yang utama. Itulah hal yang terpenting yang harus kita pikirkan. “Kasih sayang”. Dari sudut pandang manapun kasih sayang adalah kuncinya. Dari sudut pandang agama, dimanapun agama selalu serat akan pengajaran kasih sayang, entah itu Buddha, Nasrani, Islam, Hindu, Ibrani, dll. Umat beragama mana yang tidak mengenal kasih sayang? Kita tak harus selalu mengikuti perkembangan informasi tentang permasalahn ini. Bisa saja informasi tersebut malah dipergunakan sebagai bahan untuk memperkeruh suasana.

 

Travel Malang

Saatnya kita berpikir dengan akal sehat dan dengan hati nurani terdalam kita. Kita adalah makhluk ‘Tuhan Yang Maha Esa’ yang dianugerahi rasa kasih dan sayang. Sudah seharusnya kita menyikapi hal ini dengan ‘Kasih Sayang’. Inilah yang di sebut dengan kemanusiaan. Iniilah sifat alamiah yang maunsiawi dari diri kita. Kunci dari sudut pandang universal adalah sifat dan sikap kemanusiaan kita sifat manusiawi kita sabagai manusia makhluk Tuhan yang di anugerahi ‘Kasih Sayang’.

Kami mengajak anda berpartisipasi dalam untuk meringankan beban derita saudara kita yang berada di Arakan dengan cara yang lebih baik. Dengan memesan travel di kami, 10% dari tarif yang anda bayar akan kami donasikan untuk saudara kita di sana.

Leave a Comment